BOOKING TIKET PESAWAT

profesi online

profesi online. Info sangat penting tentang profesi online. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai profesi online

Menjadikan blogging sebagai pilihan profesi? Mengapa tidak. Sesuai dengan perkembangan zaman dimana media internet mulai mengambil alih fungsi media informasi konvensional, mau tidak mau sebagian besar content yang disajikan oleh dunia internet akan dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat. Dan menjadi seorang blogger kini sudah menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Ini jika dilihat dari jumlah penghasilan yang bisa didapatkan dari profesi sebagai seorang blogger.

Meskipun jumlah blogger yang sudah mapan atau mampu menghidupi diri dan keluarganya masih bisa dihitung dengan jari tapi jumlah ini akan terus bertambah. Blogger adalah profesi yang berangkat dari hobby. Karena kenyataannya memang demikian. Ketika sebuah hobby bisa menghasilkan uang dan bisa diharapkan sebagai profesi utama, maka profesi itu akan bisa dijalani dengan sepenuh hati. Tidak akan bergantung pada pasang-surutnya kondisi pasaran profesi tersebut. Dan ini bisa menambah lagi keragaman jenis profesi dalam lapangan pekerjaan.

Selintas lalu, profesi blogger memang terlihat menyenangkan. Jam kerja yang fleksibel, tidak terlalu menuntut lokasi kerja, bisa dilakukan dimana saja sepanjang masih bisa mengakses internet, atau hal-hal lain yang seperti itulah yang membuat banyak orang makin tertarik untuk menjadi blogger. Tapi semua orang pun tahu bahwa menghasilkan tulisan yang berkualitas dan menarik untuk dibaca banyak orang tidak lah mudah. Padahal untuk menjadi seorang blogger yang berhasil harus memiliki kemampuan seperti itu. Ini yang akan menentukan siapa yang bisa menjadi blogger sukses dan siapa yang akhirnya menjadi tersingkir.

Blogger Mulai Diminati Sebagai Profesi

Fenomena blog yang semula menjadi media personal kini mulai beralih ke ranah profesi di Indonesia dengan bermunculannya blogger yang menghasilkan pendapatan dari iklan serta honor dari tulisan yang dirilis di blog pribadinya.

Country Editorial Yahoo Indonesia, Budi Putra, disela kegiatan peluncuran komunitas blogger Bekasi, di Bekasi, mengatakan, blog yang manfaat awalnya untuk berbagi pengalaman dan bertukar informasi selanjutnya dilirik oleh pemasang iklan untuk mengenalkan produk mereka serta perusahaan media online melalui hasil karya tulisan-tulisan yang bernilai informasi tinggi.

"Pertumbuhan jejaring blog secara pesat menjadikan seorang blogger yang sudah dapat nama dilirik pemasang iklan. Mereka menyadari perlunya lebih mengenalkan "brand name" produk mereka ditengah komunitas yang terdidik (well educated)," ujarnya.

Pionir blog di Indonesia itu menyatakan, sudah 80-an blogger yang beralih menjadikan kesenangan berselancar dialam maya itu sebagai sumber panghasilan.

Bagi alumni Fakultas Sastra Universitas Andalas itu, bekerja sebagai penulis lepas di blog pribadinya merupakan sesuatu yang menyenangkan, dibaca banyak orang dan terakhir dihargai hasil karya oleh berbagai media online.

"Bayarannya dalam dollar dan nilai riil yang diperoleh penulis blogger maupun iklan di blogger pribadi sangat besar melebihi penghasilan profesi lainnya," ujar mantan wartawan Singgalang Sumbar dan Tempo itu.

Budi mengaku lebih menyenangi menulis blog dibidang teknologi, komunikasi, panduan dan internet itu, menegaskan perkembangan blog di Indonesia masih tertinggal dibanding negara Eropa begitu juga dengan orang yang mengandalkan blog sebagai sumber pendapatan.

"Trennya makin banyak orang yang melirik blog sebagai sumber penghasilan. Untuk sampai pada tahap menjadikan blog sebagai sumber penghasilan perlu waktu, kemauan dan wawasan luas," ujar Budi yang merasa nyaman bekerja didunia maya tersebut.

Agar blog banyak dikunjungi, ia memberikan tips agar memahami segmentasi pembaca dan memproduksi tulisan yang disenangi pembaca.

Ia menyatakan, komunitas blog di Indonesia terus berkembang pesat. Di pesta blogger, blog yang aktif di Indonesia mencapai satu juga lebih sementara yang terdaftar dilayanan blogspot lebih 10 juta.

Ketua Komunitas Blogger Bekasi, Aris Heru Utomo, menyatakan, untuk di Kota Bekasi blogger lebih ke peran dalam menyuarakan pikiran, pengalaman dan pengetahuan.

Kedepan sejalan dengan makin banyaknya komunitas blogger, bisa saja muncul orang yang menekuni blogger sebagai sebuah profesi, laiknya profesi lain yang dikenal luas dimasyarakat.

"Kita bentuk wadahnya dulu. Nantinya tentu akan muncul juga blogger profesional yang dilirik pemasang iklan dan mendapat honor dari tulisan-tulisannya," ujar pegawai Deplu itu.


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger